Cara Membuat Bibit Cabe Berkualitas dan Unggulan

Cara Membuat Bibit Cabe Berkualitas dan Unggulan

Cabe adalah jenis tanaman yang biasa digunakan untuk bumbu yang terdapat kandungan vitamin A dan C. Rasa pedas yang ada dalam cabe disebabkan oleh minyak atsiri capsaicinI yang terdapat di dalam buah cabe. Tanaman cabe juga bisa ditanam di tanah yang gembur yang terdapat banyak kandungan humus. Biasanya bisa hidup dengan baik di tanah yang tidak selalu tergenang air, dan memiliki pH tanah 5-6. Waktu menanam cabe yang tepat yaitu pada akhir musim hujan yaitu saat bulan Maret-April. Selain metode menanam, cara membuat bibit cabe unggul saat ini juga menjadi incaran mereka yang hendak membudidayakan tanaman cabe ini.

Cabai juga merupakan jenis tanaman hortikultural yang kerap dipakai oleh masyarakat Indonesia untuk memasak. Khususnya untuk pecinta makanan pedas. Akan tetapi, tingginya minat pada cabai tidak disertai dengan jumlah tanaman tersebut di pasaran. Untuk mengatasi sedikitnya jumlah cabe di pasar maka sebaiknya anda menanam atau membudidayakan cabe dirumah. Sebab keadaan tanah dan iklim di Indonesia pas sekali untuk cocok tanam cabai. Cara menanam cabai sendiri juga dapat dilakukan dalam mengantisipasi kurangnya pasokan tanaman itu di pasaran. Tidak sulit untuk memperoleh bibit cabai, sebab telah tersedia di berbagai took pertanian. Akan tetapi anda juga bisa membuat bibitnya sendiri.

Cara Membuat Bibit Cabe

Cara Membuat Bibit Cabe Berkualitas dan Unggulan

Induk Tanaman

Bibit cabe yang akan dipakai yaitu buah yang dipetik dari tanaman induk. Induk tanaman sebaiknya punya ciri khas yang unggulan agar buah dan biji cabe yang dihasilkan juga berkualitas baik . Tanaman induk sebaiknya bisa tumbuh dengan baik, sehat, dan tidak terkena hama penyakit. Contohnya seperti batang lurus meninggi, daun tidak keriting dan juga tidak layu. Tanaman yang akan dijadikan induk sebaiknya mempunyai keseragaman pertumbuhan di lapangan. Rawatlah tanaman induk dengan baik sebab akan digunakan sebagai bahan pembibitan. Biasanya memerlukan waktu 7-8 bulan supaya bisa menghasilkan buah cabe yang maksimal.

Ambil Biji Pada Induk Cabe

Jika tanaman cabe tersebut sudah bisa tumbuh dengan baik dan bisa berbuah lebat dan berkualitas, setelah itu buah cabe dipetik untuk diambil bijinya sebagai bibit yang unggulan. Cara membuat bibit cabe sebelumnya anda sortir buah cabe, sebab hanya memanfaatkan buah cabe yang kondisinya bagus. Pilihlah buah cabe yang seragam, kulit luarnya bagus dan juga tidak cacat. Buanglah buah cabe yang sudah busuk, terdapat cacat, dan ukurannya tidak seragam.

Setelah mendapatkan cabe yang bagus, sayatlah cabe tersebut menjadi dua bagian, jangan sampai melukai biji cabe di dalamnya.Sesudah itu, keluarkan biji-biji cabe yang ada di dalamnya. Kemudian biji-biji cabe tersebut dijemur di bawah sinar matahari dan dikeringkan caranya diangin-anginkan. Setelah itu seleksilah bibit cabe tersebut, mana yang berkualitas dan mana yang tidak berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!